DOSEN MUDA PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA MENGIKUTI PELATIHAN PELATIH PETANQUE TINGKAT DAERAH 2021

DOSEN MUDA PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA MENGIKUTI PELATIHAN PELATIH PETANQUE TINGKAT DAERAH 2021

Petanque, adalah cabang olahraga (cabor) berasal dari negara Perancis, yang mana merupakan permainan tradisional yang dikembangkan dari permainan pada zaman Yunani kuno sekitar abad 6 SM pada 1907. Olahraga petanque diperkenalkan Jules Boule Lenoir di Kota Le Ciotat, Provence di Selatan Perancis. Petanque merupakan cabor non body contact dengan jumlah pemain single (perorangan memainkan tiga bola), double (perorangan memainkan tiga bola), triple (perorangan memainkan dua bola), dan shooting game. Jenis olahraga ini termasuk katagori olahraga individu dan beregu. Peralatan yang digunakan dalam olahraga petanque terdiri atas boules (bosi), jack (boka), circle (lingkaran), dan meteran pengukur untuk jarak 1, 5, dan 10 meter. Permainan petanque dengan cara melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu yang disebut dengan cochonnet dan kaki harus berada di lingkaran kecil. Permainan ini biasa dimainkan di tanah keras atau minyak, rerumputan, pasir, atau permukaan tanah lain. Di Indonesia, petanque merupakan cabor baru.

Pelatihan Pelatih Petanque Riau 2021

Untuk memajukan cabang olahraga ini khususnya di Provinsi Riau, KONI Provinsi Riau mengadakan Pelatihan Pelatih dan Arbitre Cabang Olahraga Petanque Tingkat Daerah pada tanggal 12-14 Maret 2021. Melalui kegiatan ini Dr. Zainur, M. Pd selaku Ketua Umum FOPI Provinsi Riau yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jurusan Pendidikan Olahraga FKIP Universitas Riau mengharapkan akan bermunculan pelatih handal yang mampu menemukan bibit-bibit atlit baru yang akan membawa Petanque Riau berlaga dan berprestasi di event nasional.

M. Imam, S.Pd., M.Pd dan Siti Maesaroh, M.Or bersama Ketua Umum FOPI Riau Dr. Zainur, M.Pd

M. Imam, S.Pd., M.Pd dan Siti Maesaroh, M.Or yang merupakan Dosen Muda di Pendidikan Kepelatihan Olahraga FKIP Universitas Riau ikut serta dalam kegiatan Pelatihan ini bersama 56 peserta lainnya yang terdiri dari 32 peserta mengikuti Pelatihan Pelatih dan 26 peserta mengikuti Pelatihan Arbitre. Dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan nantinya mampu mensosialisasikan cabang olahraga petanque ini di Jurusan Pendidikan Olahraga FKIP UNRI dan menemukan atlit-atlit baru yang bisa membawa nama Kampus maupun Provinsi Riau di kancah nasional.